Sunday, March 21, 2010

start from now or never !!

tiba” gw kpikiran bwat bikin notes ini stelah lecturer class sminar gw mmbincangkan suatu hal yg biking gw mrasa “WOW.. masa?? baru tau gw !!”.. jadi ajja gw mo berbagi ma tmn” gw ttg hal yg gw dah tau sbelumnya dtambah lage hal yg baru gw tao td sore..
well.. langsung ajja.. nih notes intinya ngbahas ttg hal” apa ajja yg bisa mrusak badan n hidup lo..


1. narkoba
== > mnurut gw smua sbenerna dah tau apa itu narkoba.. gmn bentuk”nya.. n apa aja akibatnya kl qt mpe make nih obat. Jd gga perlu gw bhas lebar panjang yaa.. tp mnurut gw.. org” yg bisa mpe kena n deket ma nih obat org” yg gga pny pikiran panjang n selalu merasa gga enak kl gga ikutin ajakan temen *trmasuk ke hal” yg negative*. Mreka mikir kl narkoba tuh bner” bisa bikin mreka mrasa FLY.. tenang .. lupa n bisa nyelesain masalah” mreka.. pdhl kenyataannya.. narkoba itu laa sbenernya yg bikin maslah” dalam hidup mreka brtambah.. malah tambah parah n gga ngebantu samma sekali.. jaddi mnurut gw.. mending.. dsaat lo mrasa down taw bner” mrasa ge pny masalah yg super dubber berradh.. mending lo alihin ke hal” yg positive n doing ur hobbies or curcol ma org” trdekat lo bwat dapetin jalan kluar yg terbaik.. baik itu ma ortu.. sodara .. sahabat .. temen” .. atawpun pacar ;) !!

2. Makan makanan ringan
==> Ini dy yg baru gw tau !! kl trnyata makanan ringan merupakan PENYEBAB KEDUA kmatian stelah narkoba !! ap sih sbenernya pnyebabnyaa?? kl gw pikir.. akibatnya trjadi krn efek dr bahan” yg terkandung dalam makanan ringan tesebut yang bisa mrusak badan n parahnya bisa mrusak OTAK qt juga !!
==> dr sbuah blog yg gw baca.. mnjelaskan kalo Monosodium Glutamate (MSG) atau yang biasa disebut vetsin atau michin. Ternyata dibalik kenikmatan vetsin atau MSG ini, disinyalir berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan anak-anak. MSG adalah garam natrium (sodium) dari asam glutamat (salah satu asam amino non-esensial penyusun protein). MSG dijual sebagai kristal halus berwarna putih, dan penampakannya mirip gula pasir atau garam dapur.

3. Mie
==> jenis makanan ini termasuk makanan TERFAVORIT anak muda krn trmasuk makanan yg simple n gga perlu waktu yg lama bwat memasaknya.. tapiii .. apakan xan tau kalau jenis makanan ini disinyalir bisa menyebabkan penyakit KANKER ?? krn mnurut penelitian dokter .. mie itu mmpunyai lapisan berupa ZAT LILIN yg yang mmbuat mie tersebut gga saling mnempel. Para dokter menganjurkan kl qt emang mo makan mie.. HARUS ada SELANG 3 HARI agar zat lilin itu dapat dengan baik dicerna oleh tubuh qt. tapi sihh mnurut gw.. sbaiknya xan jgn laaa sering” makan mie.. sminggu sx cukup.. krn ini emang bner” bhaya n dah ada kasus n korban yg kena kanker krn sering mengkonsumsi mie krn hal ksibukan.

4.sosis n nugget
==> 2 jenis makanan ini mang paling enak qt makan dsaat qt lagi mo ngemil. Dan emang nilai gizinya lumayan banyak. TAPIIIIIIIIIIIIIIIIIII .. sosis itu mmpunyai kandungan lemak yg tinggi. kandungan lemak ini kurang baik untuk kesehatan krn bisa menimbulkan bbrapa penyakit seperti OBESITAS dan KOLESTEROL !!
TIPS : qt harus mmperhatikan kandungan dan juga label yg tertera pada kemasan sbelum mmbeli dan mengkonsumsinya. Dan untuk lebih amannya.. qt bisa memilih jenis sosis n nugget yg mmpunyai kadar lemak rendah.

5. merokok
==> Merokok juga hal dah lazim zaman skrg. ga cuma dlakukan ma kaum adam.. tapi juga kaum hawa. Mungkin byk yg bilang krn rokok ini bisa bikin stress ilang or cuman bwat gaya” aja biar dkata anak gaol !! zzzzzzzz .. smua org dah pada tao ap ajja yg ad ddalam rokok [apa ada yg blom tau??] gw bakal ksh tau sec. singkat :
- Tar-> mengandungi sekurang-kurangnya 43 bahan kimia yang diketahui menjadi penyebab kanser (karsinogen).
-Nikotin-> seperti heroin, amfetamin dan kokain, bertindak balas di dalam otak dan mempunyai dampak kepada sistem mesolimbik yang menjadi puncak utama penagihan.
- Karbon Monoksida-> pula adalah gas beracun yang biasanya dikeluarkan oleh ekzos kenderaan. Gas ini menjejaskan bekalkan oksigen ke tisu-tisu hingga ianya menjadi terencat dan akhirnya boleh menyebabkan maut sekiranya paras karbon monoksida di dalam badan melebihi 60%.

==> Mnurut artikel yang gw baca. Dsana tertulis kl racun yg trdapat dalam rokok dapat mnyebabkan sang perokok mengalami resiko seperti : [dbandingkan yg tdk mnghisap rokok]
- 14x mnderita kanker paru” .. mulut .. tenggorokan
- 4x mnderita kanker esophagus
- 2x kanker kandung kemih
- 2x serangan jantung

dampak Asap Rokok Terhadap Istri Perokok Adalah :
- Melahirkan bayi yang kurang berat badan
- Melahirkan bayi yang tidak cukup bulan
- Lebih rentan terhadap kanker
- Mengurangkan kesuburan dan putus haid awal

dampak Asap Rokok Terhadap Anak Perokok :
- Lebih mudah mendapat lelah
- Mendapat jangkitan paru-paru
- Pertumbuhan paru-paru kanak-kanak terganggu
- Mudah menjadi perokok apabila dewasa kelak

6. Minuman bersoda
==> Ingatlah sebuah perlombaan ”Siapakah yang paling banyak minum Pepsi Cola” di Universitas Delhi, India. Yang menang dalam lomba itu telah meminum 8 kaleng yang akhirnya mati ditempat yang sama karena tingginya gas CO2 didalam darahnya yang berakibat tidak bisanya darah mendapatkan O2 secara normal. Sebagai akibat dari perlombaan itu, Rektor Universitas tersebut melarang penjualan air bersoda didalam Universitas. [http://galuhsurya.wordpress.com/2008/11/07/bahaya-minuman-bersoda/ ]
Beberapa resiko yang bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi minuman bersoda antara lain sebagai berikut :

1. Obesitas

2. Kanker Esophagus (Kerongkongan)

3. Hipertensi

4. Melemahkan Sistem Imunitas

5. Kesehatan Tulang dan osteoporosis

6. Kerusakan Gigi

7. Penyakit Jantung

8. Batu Ginjal



*tambahan : salah 1 tips kenali makanan berbahaya Kemasan plastic : apabila kemasan dari plastik, styrofoam, dan melamin diisi dengan bakso panas, soto panas, teh panas dan makanan/ minuman serba panas akan menyebabkan kanker.



>> smua ini gw tulis berdasarka hal" yg gw tao .. info dr org .. blog".. n dr ngegoogle :D

No comments:

Post a Comment